Senin, 15 April 2013

Mengenal Jenis-jenis Kapal dan Bentuk Lambungnya

Kapal apa yang sering kamu lihat? Ro-ro, cargo, kapal ikan atau mungkin tug boat? Pada kesempatan kali ini, saya akan berikan macam-macam gambar kapal berdasarkan jenisnya sehingga dapat diketahui karakteristik bentuk lambung kapal sesuai dengan jenisnya. Ingat,bentuk lambung kapal dipengaruhi oleh Cb yaitu koefisien balok. Definisinya, perbandingan antara volume badan kapal yang tercelup dengan kotak yang dibatasi oleh B (Beam) dan T (Draught).

Cb >> berarti kapal mendekati bentuk U
Cb<< berarti kapal mendekati bentuk V
Secara teoritis, menghitung Cb banyak rumus yang dipakai menurut para ahli perkapalan namun jika sudah diketahui Displacement kapal, digunakan rumus Cb= D/(L.B.T.vc) dimana D adalah displacement, L adalah Lpp, B adalah beam (lebar kapal), T adalah draught kapal (sarat kapal) dan vc maksudnya gamma c adalah perkalian antara massa jenis air laut dan factor kulit kapal yakni 1,03.

Sekarang mari simak gambar jenis-jenis kapal berikut ini:
Kira-kira bagaimana Cb mereka masing-masing??























Tug boat


Sepertinya bahasan mengenai tug boat akan menyusul karena kapal ini istimewa jangan remehkan ukurannya karena kapal kecil ini mempunyai daya yang besar untuk mendorong sebuah tongkang atau kapal besar seukuran tanker. WOW!!

Referensi
Anonim. Pembuatan Linesplan
Suhardjito, Gaguk.2006. Rencana Garis.Freeboard Forum: Jakarta
Suhardjito, Gaguk.2006. Geometri Kapal
http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Albany_Tug_boat_Elgin.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar